Pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Tanjung Selor-KIPI Tanah Kuning
Sarana pendukung untuk mempercepat pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI)

By Admin 28 Jul 2020, 07:13:13 WIB Berita Kaltara
 Pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Tanjung Selor-KIPI Tanah Kuning

Keterangan Gambar : Grafis Infopubdok Kaltara


Salah satu sarana pendukung untuk mempercepat pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi, adalah pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Tanjung Selor-KIPI Tanah Kuning.

Alhamdulillah, sesuai laporan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Provinsi Kaltara, sepanjang 2015 hingga 2019, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara, telah dialokasikan anggaran sekitar Rp 137,9 miliar untuk jalan tersebut.

Dengan dana yang ada, dari total panjang jalan 55,918 kilometer, output yang telah dikerjakan mencapai 27,515 kilometer. Yaitu, mulai dari ruas Tanjung Selor-Sajau, Sajau-Binai, Tanah Kuning-Mangkupadi, Mangkupadi-Pindada, dan Pindada-Kampung Baru-Karang Tigau.

Kita patut bersyukur, meski dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Provinsi, pembangunan jalan bebas hambatan Tanjung Selor menuju KIPI tetap menjadi fokus Pemprov Kaltara tahun ini.

Selain dari APBD, untuk mempercepat proses pembangunannya, saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Dalam hal ini melalui Kementerian PUPR. Dengan harapan akan disupport dana APBN untuk menuntaskan pembangunan jalan tersebut.

Apalagi KIPI-Tanah Kuning merupakan salah satu proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Sehingga sudah semestinya mendapat dukungan dari Pusat.

Sumber : Fb Irianto Lambrie




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment