Penyerahan Opini OPD, Peraih Bendera Biru Berganti

By Admin 27 Mei 2019, 12:29:26 WIB Malinau
Penyerahan Opini OPD, Peraih Bendera Biru Berganti

Keterangan Gambar : Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si saat menyerahkan Bendera Opini warna Biru Kepada Lima OPD yang mendapat penilaian kinerja sangat baik di Pemkab Malinau. Penyerahan Opini dilakukan di Ruang Tebengang, Kantor Bupati Malinau, Jumat (24/5) pagi. (humas)


WARTAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten Malinau menggelar penyerahan bendera opini kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan piagam penghargaan kinerja individu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ruang Tebengang, Kantor Bupati Malinau pada Jumat (24/5) pagi.

Penyerahan penhargaan tersebut merupakan bentuk gambaran capaian kinerja OPD dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malinau pada Tahun 2018. Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Karyadi, SE, MM, Ak.CA.

Berdasarkan penilaian, terdapat 5 OPD yang berhasil mendapatkan Bendera Biru, yang menandakan penilaian kinerja sangat baik dan menjadi penghargaan tertinggi bagi OPD.

Kelima OPD tersebut adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Perhubungan (Dishub), Inspektorat, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang-Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-Perkim) dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).

“Penyerahan opini kinerja bertujuan untuk bagaimana kita sama-sama mendeklarasikan diri membentuk perilaku sebagai seorang individu, sebagai seorang pejabat dalam rangka menjalankan tugas pokok kita, mengerjakan tugas pokok kita dan menyukseskan tugas pokok kita dalam rangka fungsi dan pekerjaan kita,” jelas Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam sambutan yang disampaiakannya.

Dirinya mengatakan, pada penyerahan opini kali ini, terdapat peningkatan dari tahun sebelumnya. Baik peningkatan ke arah yang lebih baik, maupun peningkatan ke arah yang kurang baik. Hal tersebut dilihatnya berdasarkan OPD yang tahun sebelumnya menerima bendera biru tidak mampu mempertahankan kinerjanya di tahun ini dan digantikan oleh OPD lain.

“Logikanya, OPD yang menerima Bendera Biru seharusnya tetap biru dan meningkat lagi dari tahun sebelumnya. Tapi justru yang terjadi ada perubahan penurunan kinerja seperti itu,” ucap Yansen kepada OPD yang nilai kinerjanya menurun.

Demikian juga, pada opini individu, ada yang masih bertahan dengan nilai sangat baik dan baik, namun ada yang berubah dan tidak mendapatkan penilaian yang sama seperti tahun sebelumnya. Terkhusus opini OPD kecamatan, dirinya belum melihat adanya peningkatan yang sangat luar biasa. Bahkan OPD yang menerima Bendera Hitam atau berkinerja kurang masih tetap ada.

Untuk itu, dirinya meminta kepada pimpinan OPD, harus jeli melihat fenomena tersebut dan berperan untuk mengubahnya. “Ada hal yang sangat mendasar menjadi perhatian kita semua. Bahwa opini atau penyerahan bendera opini ini bukan sekadar retorika. Bukan sekedar nilai normatif sebuah organisasi. Tapi penyerahan opini atau pelaksanaan pemberian opini betul-betul bertujuan untuk membentuk, membangun, menciptakan nilai kredibilitas, integritas, kapabilitas, responsibility baik OPD maupun individu,” tegasnya.

Untuk diketahui, hasil penilaian kinerja OPD di lingkungan Pemkab Malinau atas kinerja Tahun 2018 terdapat 5 OPD yang berkinerja sangat baik, 32 OPD berkinerja baik, 13 OPD berkinerja cukup dan 3 OPD berkinerja kurang. (hms/wk2)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment