TP PKK Malinau Masuk Lima Besar Lomba IVA Test Tingkat Nasional

By Admin 29 Jun 2019, 13:22:21 WIB Malinau
TP PKK Malinau Masuk Lima Besar Lomba IVA Test Tingkat Nasional

Keterangan Gambar : Ny. Ping Yansen saat mendampingi Ketua Pokja IV TP PKK Pusat drg. Laksmi Widyastuti di Puskesmas Malinau Kota pada Jumat (28/06) pagi. (humas)


WARTAKALTARA.COM – Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Malinau menjadi wakil Provinsi Kalimantan Utara dalam Lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test Tingkat Nasional dan sudah masuk dalam tahap Lima Besar. Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Malinau, Ny Ping Yansen saat mendampingi Ketua tim verifikasi Lapangan lomba IVA Test Tingkat Nasional yang juga Ketua Pokja IV TP PKK Pusat, drg. Laksmi Widyastuti beserta dr. Syahrial bersama Ketua III TP PKK Provinsi Kalimantan Utara Dra. Hj. Arsanah Suriansyah, dalam rangka Verifikasi Lapangan Lomba IVA Tingkat Nasional di Puskesmas Malinau Kota dan Kantor Camat Malinau Kota, pada Jumat (28/06) pagi.

IVA test sendiri merupakan salah satu cara awal untuk mendeteksi Kanker yang disebabkan oleh Infeksi Human Papiloma Virus (HPV) pada leher rahim wanita (Serviks). Dari data WHO, kanker serviks menjadi penyebab kematian di peringkat Dua setelah penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, dengan presentase sebesar 13%. Serta menjadi kanker yang paling banyak di derita kaum wanita setelah kanker payudara.

Dikatakan Ny Ping Yansen, penderita Kanker Serviks (IVA test Positif) untuk Kabupaten Malinau, setiap tahunnya mengalami penurunan. ”Penderita kanker serviks tahun 2017, berjumlah 10 orang dan tahun 2018 berjumlah 4 orang,” terangnya.

Salah satu faktor penyebab tingginya angka kejadian Kanker Serviks ialah, rendahnya cakupan deteksi secara dini kepada masyarakat. Untuk itu, PKK Malinau yang merupakan mitra pemerintah daerah turut peduli terhadap kondisi kesehatan masyarakat, secara khusus penyakit Kanker Serviks.

Bentuk kepedulian TP PKK Malinau untuk menekan angka penderita Kanker Serviks ialah dengan bekerjasama unsur teknis terkait seperti Dinas Kesehatan dan RSUD Malinau serta organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Malinau, dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Kanker Serviks melalui penyuluhan dan sosialisasi, serta melakukan deteksi dini melalui IVA test.

Hal tersebut dilakukan lantaran penderita Kanker Serviks tidak memandang usia. “Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks, dan penyakit ini cenderung mempengaruhi wanita yang aktif secara seksual," lanjut Ny Ping Yansen.

Perlombaan IVA test pun diharapkan mampu memberi motivasi dan melahirkan inovasi pencegahan, serta membawa manfaat bagi masyarakat secara berkesinambungan. “Khususnya wanita. Sehingga paham pentingnya pemeriksaan IVA tets sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks. Ke depan tim penggerak pkk kabupaten malinau tetap berkomitmen mewujud nyatakan tujuan bersama kita, dalam rangka melaksanakan iva test pada kecamatan yang lainnya,” jelas perempuan yang juga aktif sebagai anggota legislatif DPRD Malinau.

Senada dengan Ny Ping Yansen, mewakili ketua umum tim pengerak PKK Pusat drg. Laksmi Widyastuti juga mengharapkan lomba IVA Test memiliki potensi dan nilai strategis yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas. Termasuk para pelaku pembangunan dan para pimpinan di semua tingkatan.

“Saya sungguh percaya bahwa hal seperti itu sudah lazim dilakukan oleh Tim Penggerak PKK beserta kader yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, " pungkas drg. Laksmi (hms/wk2).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment